Ramuan Minyak Telon Quufy

Minyak telon merupakan minyak yang sering oleskan pada tubuh bayi dan balita dengan campuran dari minyak adas, minyak kayu putih atau cajuput oil dan minyak kelapa dalam kadar yang berbeda-beda. Biasanya komposisi yang biasa dipakai adalah 3:3:4.

Beberapa produsen masa kini mengubah komposisi (misalnya 2:2:6), menambah komponen lain sebagai campuran, seperti minyak lavender, minyak green tea, minyak zaitun dan sebagainya. perubahan pada komposisi ini tentu saja akan berdampak pada kualitas, tingkat kehangatan atau aroma dari minyak telon tersebut.

Dan setiap produsen atau brand minyak telon umumnya mereka memiliki komposisi ramuan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya, demikian juga dengan ramuan minyak telon Quufy. Hal inilah yang kemudian berdampak pada perbedaan dari kharakteristik dan spesifisikai masing-masing minyak telon.

Sebagai orang tua, tugas Bunda adalah memilih yang terbaik supaya bisa mendaatkan manfaat maksimal dari pemaianan minyak telon tersebut.

Minyak telon biasanya diberikan kepada bayi dengan cara dibalurkan di kulit, terutama pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti perut, dada, punggung dan telapak kaki. Campuran ini memberikan rasa hangat karena merangsang pembuluh darah membesar sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Selain itu aroma minyak telon juga dapat memberikan rasa tenang dan rileks. Apalagi saat ini beberapa produk minyak telon juga menambahkan minyak esensial dalam konsentrasi tertentu yang tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan minyak telon yang lebih harum dengan manfaat yang lebih besar lagi.

Tradisi penggunaan minyak telon sudah sejak lama berlangsung di berbagai daerah di indonesia. Sebenarnya minyak telon merupakan salah satu resep tradisonal nenek moyang yang turun temurun dan terus lestari sampai hari ini.

Umumnya, kebiasaan mengosok minyak telon ini hanya dilakukan oleh para orang tua di indonesia. Bayi cenderung belum memiliki control suhu yang baik, mereka tidka mampu beradaptasi dengan suhu di lingkungan.

Sehingga ketika dingin maka bayi akan menggigil, karena itulah Bunda perlu untuk memberikan baju hangat dan juga minyak telon untuk menghangatkan tubuh si kecil. Ketika bayi kedinginan, kebutuhan kalorinya akan bertambah, energinya akan berkurang karena digunakan untuk menghagatkan badanya. Pemberian minyak telon merupakan salah satu cara untuk mencegah bayi dari kedinginan.

Komposisi Ramuan Minyak Telon Quufy

Saat ini ada banyak sekali pilihan merk dan jenis minyak telon yang beredar di pasaran, termasuk diantaranya adalah Quufy, minyak telon parfum yang sedang nge hitz dalam beberapa waktu terakhir ini. Quufy merupakan inovasi parfum aromaterapi yang sekaligus merupakan minyak telon. Minyak telon ini memiliki aroma yang sangat unik, khas dan berbeda dari minyak telon lainnya.

Quufy memiliki aroma segar green tea dengan minyak telon yang menghangatkan. Wangi Quufy adalah aroma dari bahan-bahan alami terbaik dan tidak menggunakan alcohol sebagai pelarut sebagaimana parfum pada umumnya, jadi Bunda tidak perlu lagi meragukan tentang bagaimana kualitas dan keamanannya.

Quufy merupakan produk yang dibuat dengan menggunakan campuran dari beberapa jenis minyak beraroma yang wangi. Seperti umumnya minyak telon, Quufy ini menggunakan minyak kelapa (VCO) sebagai pelarut dan bukan alcohol seperti parfum-parfum umumnya.

Adapun ramuan atau komposisi dari minyak telon Quufy ini diantarnaya adalah:

Minyak Adas

Adas  atau Foeniculum vulgare Mill merupakan tumbuhan obat dari keluarga Apiacea. Minyak adas (oleum foeniculi, fennel oil) dibuat dari penyulingan buah adas. Buah adas mengandung minyak atsiri mencapai 1-6%, yang terdiri dari 50-60% anetol, 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak.

Kandungan anetol pada buah adas inilah yang menyebabkan adas memiliki aroma yang khas. Dalam produk minyak telon, umumnya aroma yang dihasilkan adalah dari aroma adas.

Sebagai tumbuhan herbal, adas bermanfaat untuk mengobati sakit perut, perut kembung, rasa penuh di lambung, mual dan muntah bahkan juga untuk mengatasi diare. Buah ini juga dimanfaatkan untuk pengobatan batuk berdahak, melegakan tenggorokan, mengatasi nyeri haid dan melancarkan ASI.

Minyak Kayu Putih atau Cajuput oil

Kayu putih atau Melaleuca leucadendron Linn merupakan tumbuhan obat dari keluarga Myrtaceae.  Minyak kayu putih (oleum cajeputi, cajuput oil) ini dibuat dari penyulingan daun atau ranting pohon kayu putih. Sehingga kemudian hasil penyulingan ini disebut sebagai minyak kayu putih.

Umumnya minyak ini digunakan sebagai obat gosok untuk mengobati rheumatik, nyeri otot, mengatasi gatal akibat gigitan serangga dan juga untuk mencegah gigitan serangga. Adapun khasiat dari minyak kayu putih ini adalah untuk melemaskan otot, menghangatkan tubuh, mencegah dan mengobati perut kembung atau masuk angin.                     

Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku buah kelapa segar, buah kepala segar ini kemudian diproses dengan pemanasan terkontrol atau tanpa pemanasan  dan tanpa penambahan bahan kimia.

Minyak kelapa murni mengandung air dan asam lemak bebas yang rendah, memiliki warna yang bening dan memiliki aroma yang harum. Minyak ini mengandung asam laurat yang bersifat antibiotik, anti bakteri dan anti jamur.

Minyak kelapa sering dijadikan sebagai bahan baku perawatan tubuh dan rambut, karena memang minyak ini dapat menghaluskan kulit dan menjaga kelembaban kulit. Selain itu, minyak kelapa juga banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim. 

Pada pembuatan minyak telon, fungsi dari minyak kelapa ini adalah sebagai pelarut antara inyak adas dan minyak kayu putih.

Minyak Green Tea

Ini merupakan salahs atu ramuan tambahan pada minyak telon Quufy yang memberikan pengaruh terhadap aroma dari minyak telon Quufy. Minyak essential oil aromaterapi teh hijau green tea ini selain memiliki aroma yang harum dan menyenangkan juga memiliki banyak sekali manfaat lain yang diantaranya adalah untuk memberi efek penyegaran dan relaksasi pada tubuh.

Seperti halnya minyak lavender dan sandalwood, aroma green tea juga memberi perasaan tenang dan rileks pada pikiran ketika dihirup. Maka jangan heran jika kemudian penggunaan minyak telon Quufy ini akan membuat si kecil selalu merasa nyaman.

Selain itu, aroma minyak telon Quufy ini juga sangat harum, segar dank has serta berbeda dari umumnya minyak telon. Sehingga akan menjadikan si kecil selalu harum setiap hari di segala kondisi. Inilah yang kemudian selalu menjadikan si kecil sebagai pusat perhatian dimanapun ia berada.

Nah, bagi Bunda yang tertarik dan ingin memberikan ramuan minyak telon Quufy ini untuk si kecil, tidak perlu bingung. Karena saat ini semakin mudah untuk bisa mendapatkan minyak telon Quufy. Sebab saat ini ada banyak sekali agen dan distributor resmi minyak telon Quufy yang bisa dengna mudah Bunda temukan, baik secara online maupun offline. 

Efek Samping Minyak Telon Quufy

Formulasi minyak telon berbeda satu dengan yang lainnya Bunda ingin tahu efek samping minyak telon quufy, baca selengkapnya disini.

Aroma Minyak Telon Quufy

Aroma minyak telon Quufy khas dan berbeda dari minyak telon kebanyakan, quufy merupakan minyak telon parfum terbaik saat ini. Bunda mau tau lebih lanjut, baca disini!

Aturan Pakai Minyak Telon Quufy

Bunda bisa mengoleskan quufy pada bagian leher atau perut si kecil, aturan pakai minyak telon quufy lebih lengkap bisa di baca disini. jangan oleskan minyak telon quufy pada jari jari tangan si Kecil maupun kepalanya